PEKERJAAN DAN TANGGUNG JAWAB FRONT OFFICE

  1. Pekerjaan Front Office Manager
Area Kerja:Front Office area
Melapor Kepada:General Manager
Staff Bawahan:Semua Karyawan Front Office
Tugas Front Office Manager:
  1. Menciptakan kepuasan tamu dan memberi kesan positif bagi tamu diarea kerjanya.
  2. Menyeleksi,menempatkan,melatih,dan mengevaluasi karyawan Front Office.
  3. Memastikan bahwa semua staff Front Office menguasai sistem komputer hotel,etika menerima telepone,dan standart operasional dihotel.
  4. Menyambut tamu VIP
  5. Menjaga keharmonisan kerja dengan penjualan dan pemasaran tentang harga kamar
  6. Menangani complain tamu yang tidak bisa diselesaikan oleh bawahannya
  7. Membuat laporan bulanan tentang daftar tamu,tingkat hunian maupun untung/rugi dibagian kantor depan
  8. Meningkatkan kualitas dan prestasi bagi karyawan yang berprestasi dengan memberikan penghargaan
  9. Menjaga kedisiplinan petugas kantor depan dengan memberikan peringatan atau sanksi bagi yang melanggar
  10. Membuat budget tahunan,menganalisis operasi dan pendapatan hotel secara harian dari sisi pendapatan,rata-rata harga kamar.
  1. Diskripsi pekerjaan Front Office Supervisor
Area Kerja:Front Office
Atasan Langsung:Front Office Manager
Staff Bawahan: Reception, telephone operator ,reservation , bell drive, bell boy , GRO.
Tugas Front Office Supervisor:
  1. Membantu kelancaran tugas di Front Office dan menggantikan Front Office manager ketika berhalangan dan mengkoordinir beberapa tugas sesuai dengan diskripsi pekerjaannya.
  2. Membantu pekerjaan Front Office Manager dalam hal kontrol dan administrasi.
  3. Membuat jadwal kerja Reception,Bell drive,Bell boy,Telephone Operator,Reservasi,GRO.
  4. Memantau operasional di Front Office
  5. Mengarahkan dan mengawasi terhadap pekerjaan reception dan concierge
  6. Menghadiri briefing pagi management hotel,mewakili front office manager jika berhalangan hadir
  7. Menangani keperluan tamu yang membutuhkan bantuan.

  1. Diskripsi Pekerjaan Receptionist/ Front Desk Agent (FDA)
Area Kerja:Front Desk
Atasan Langsung:Front Office Supervisor
Tugas Front Desk Agent:
  1. Menangani registrasi tamu,memberikan pelayanan sebelum tamu menginap serta menangani check out tamu beserta pembayarannya.
  2. Menyambut tamu yang datang di Front Desk dengan ramah dan sopan
  3. Mencatat uang deposit tamu untuk menginap
  4. Menghitung dan bertanggung jawab atas uang transaksi selama staff tersebut bertugas pada hari tersebut.
  1. Diskripsi Pekerjaan Operator Telephone
Area Kerja:Front Office
Atasan Langsung:Front Office Supervisor
Tugas Operator Telephone:
  1. Menjawab telephone yang masuk baik dari internal maupun external mentranfer langsung kesetiap extention yang dituju
  2. Melayani menyambungkan telepone baik dari tamu/departement lain.
  3. Mengetahui lay out hotel dan fasilitasnya
  4. Menjaga privacy tamu kamar dalam hal memberikan informasi terhadap tamu luar.
  5. Melaksanakan tugas lain sesuai arahan dan perintah dari atasan.
  1. Diskripsi Pekerjaan Bell Captain
Area Kerja:Front Office,Lobby,Kamar tamu.
Atasan Langsung:Front Office Supervisor
Tugas Bell Captain:
  1. Mengurus barang bawaan tamu pada saat datang,selama menginap dihotel maupun akan pergi meninggalkan hotel.
  2. Mengatur tugas setiap Bell Boy
  3. Menerima,menyimpan,dan mencatat serta membukukan setiap barang titipan tamu yang akan disimpan diluggage store.
  4. Memastikan Luggage store bersih dan teratur
  1. Diskripsi Pekerjaan Bell Boy
Area Kerja:Lobby,Front office,kamar hotel
Atasan Langsung:Bell Captain
Tugas Bell boy:
  1. Membantu tamu dalam hal menangani barang bawaan mereka luggage delivery dan luggage down.
  2. Menurunkan bawaan tamu dari mobil
  3. Membawakan barang tamu yang akan check in
  4. Mengantarkan barang tamu sesuai dengan nomor kamarnya
  5. Membantu membawakan barang tamu yang akan check out dari kamar ke Lobby selanjutkan ke kendaraan tamu
  6. Menyimpan barang tamu dengan tanda khusus(luggage tag)
  1. Diskripsi Pekerjaan Bell Driver (Airport Representative)
Area Kerja:Airport/bandar udara,lobby hotel
Atasan Langsung:Bell Captain
Tugas Bell Driver:
  1. Menjemput dan mengantar tamu dari dan ke bandara sesuai dengan standart hotel
  2. Menyiapkan daftar tamu dan jam kedatangannya di bandara
  3. Menyiapkan kendaraan yang sesuai dengan jumlah tamu dan bagasi yang diperlukan
  4. Menyiapkan papan penyambutan sesuai dengan nama tamu.
  1. Diskripsi Pekerjaan Reservation
Area Kerja:Front Office
Atasan Langsung:Front Office Supervisor
Tugas Reservation:
  1. Mencatat dan memproses seluruh pemesanan kamar secara akurat sekaligus mempromosikan produk hotel serta menciptakan dan menjaga citra hotel yang baik melalui memberian pelayanan yang maksimal.
  2. Memproses perubahan pemesanan kamar
  3. Menerima pemesanan kamar yang ada dalam daftar tunggu(waiting list)
  4. Mengarsip data pemesanan kamar sesuai dengan tanggal check in.
9. Diskripsi Pekerjaan Guest Relations Officer (GRO)
Area Kerja:Lobby,Front Office,kamar tamu
Atasan Langsung:Front Office Supervisor
Tugas Guest Relations Officer:
  1. Mengantarkan tamu dan memberikan layanan informasi dan bantuan keperluan tamu selama menginap dihotel
  2. Memantau tamu VIP yang menginap,datang,dan berangkat
  3. Set up fruit basket untuk kamar VIP
    1. Beramah tamah dengan semua tamu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI DAN PERANAN FRONT OFFICE

DEFINISI FRONT OFFICE