PEKERJAAN DAN TANGGUNG JAWAB FRONT OFFICE
- Pekerjaan Front Office Manager
Melapor Kepada:General Manager
Staff Bawahan:Semua Karyawan Front Office
Tugas Front Office Manager:
- Menciptakan kepuasan tamu dan memberi kesan positif bagi tamu diarea kerjanya.
- Menyeleksi,menempatkan,melatih,dan mengevaluasi karyawan Front Office.
- Memastikan bahwa semua staff Front Office menguasai sistem komputer hotel,etika menerima telepone,dan standart operasional dihotel.
- Menyambut tamu VIP
- Menjaga keharmonisan kerja dengan penjualan dan pemasaran tentang harga kamar
- Menangani complain tamu yang tidak bisa diselesaikan oleh bawahannya
- Membuat laporan bulanan tentang daftar tamu,tingkat hunian maupun untung/rugi dibagian kantor depan
- Meningkatkan kualitas dan prestasi bagi karyawan yang berprestasi dengan memberikan penghargaan
- Menjaga kedisiplinan petugas kantor depan dengan memberikan peringatan atau sanksi bagi yang melanggar
- Membuat budget tahunan,menganalisis operasi dan pendapatan hotel secara harian dari sisi pendapatan,rata-rata harga kamar.
- Diskripsi pekerjaan Front Office Supervisor
Area Kerja:Front Office
Atasan Langsung:Front Office Manager
Staff Bawahan: Reception, telephone operator ,reservation , bell drive, bell boy , GRO.
Tugas Front Office Supervisor:
- Membantu kelancaran tugas di Front Office dan menggantikan Front Office manager ketika berhalangan dan mengkoordinir beberapa tugas sesuai dengan diskripsi pekerjaannya.
- Membantu pekerjaan Front Office Manager dalam hal kontrol dan administrasi.
- Membuat jadwal kerja Reception,Bell drive,Bell boy,Telephone Operator,Reservasi,GRO.
- Memantau operasional di Front Office
- Mengarahkan dan mengawasi terhadap pekerjaan reception dan concierge
- Menghadiri briefing pagi management hotel,mewakili front office manager jika berhalangan hadir
- Menangani keperluan tamu yang membutuhkan bantuan.
- Diskripsi Pekerjaan Receptionist/ Front Desk Agent (FDA)
Area Kerja:Front Desk
Atasan Langsung:Front Office Supervisor
Tugas Front Desk Agent:
- Menangani registrasi tamu,memberikan pelayanan sebelum tamu menginap serta menangani check out tamu beserta pembayarannya.
- Menyambut tamu yang datang di Front Desk dengan ramah dan sopan
- Mencatat uang deposit tamu untuk menginap
- Menghitung dan bertanggung jawab atas uang transaksi selama staff tersebut bertugas pada hari tersebut.
- Diskripsi Pekerjaan Operator Telephone
Area Kerja:Front Office
Atasan Langsung:Front Office Supervisor
Tugas Operator Telephone:
- Menjawab telephone yang masuk baik dari internal maupun external mentranfer langsung kesetiap extention yang dituju
- Melayani menyambungkan telepone baik dari tamu/departement lain.
- Mengetahui lay out hotel dan fasilitasnya
- Menjaga privacy tamu kamar dalam hal memberikan informasi terhadap tamu luar.
- Melaksanakan tugas lain sesuai arahan dan perintah dari atasan.
- Diskripsi Pekerjaan Bell Captain
Area Kerja:Front Office,Lobby,Kamar tamu.
Atasan Langsung:Front Office Supervisor
Tugas Bell Captain:
- Mengurus barang bawaan tamu pada saat datang,selama menginap dihotel maupun akan pergi meninggalkan hotel.
- Mengatur tugas setiap Bell Boy
- Menerima,menyimpan,dan mencatat serta membukukan setiap barang titipan tamu yang akan disimpan diluggage store.
- Memastikan Luggage store bersih dan teratur
- Diskripsi Pekerjaan Bell Boy
Area Kerja:Lobby,Front office,kamar hotel
Atasan Langsung:Bell Captain
Tugas Bell boy:
- Membantu tamu dalam hal menangani barang bawaan mereka luggage delivery dan luggage down.
- Menurunkan bawaan tamu dari mobil
- Membawakan barang tamu yang akan check in
- Mengantarkan barang tamu sesuai dengan nomor kamarnya
- Membantu membawakan barang tamu yang akan check out dari kamar ke Lobby selanjutkan ke kendaraan tamu
- Menyimpan barang tamu dengan tanda khusus(luggage tag)
- Diskripsi Pekerjaan Bell Driver (Airport Representative)
Area Kerja:Airport/bandar udara,lobby hotel
Atasan Langsung:Bell Captain
Tugas Bell Driver:
- Menjemput dan mengantar tamu dari dan ke bandara sesuai dengan standart hotel
- Menyiapkan daftar tamu dan jam kedatangannya di bandara
- Menyiapkan kendaraan yang sesuai dengan jumlah tamu dan bagasi yang diperlukan
- Menyiapkan papan penyambutan sesuai dengan nama tamu.
- Diskripsi Pekerjaan Reservation
Area Kerja:Front Office
Atasan Langsung:Front Office Supervisor
Tugas Reservation:
- Mencatat dan memproses seluruh pemesanan kamar secara akurat sekaligus mempromosikan produk hotel serta menciptakan dan menjaga citra hotel yang baik melalui memberian pelayanan yang maksimal.
- Memproses perubahan pemesanan kamar
- Menerima pemesanan kamar yang ada dalam daftar tunggu(waiting list)
- Mengarsip data pemesanan kamar sesuai dengan tanggal check in.
9. Diskripsi Pekerjaan Guest Relations Officer (GRO)
Area Kerja:Lobby,Front Office,kamar tamu
Atasan Langsung:Front Office Supervisor
Tugas Guest Relations Officer:
- Mengantarkan tamu dan memberikan layanan informasi dan bantuan keperluan tamu selama menginap dihotel
- Memantau tamu VIP yang menginap,datang,dan berangkat
- Set up fruit basket untuk kamar VIP
- Beramah tamah dengan semua tamu.
Komentar
Posting Komentar